Perbedaan Coaching, Konseling, Mentoring dan Konsultasi

Share :


Coaching, Konseling, Mentoring dan Konsultasi menggunakan skill komunikasi yang sama - seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mendengarkan aktif, mengambil kesimpulan , dsb, kesemuanya memakai metode berbeda sesuai permintaan klien. Inilah beberapa perbedaannya:



Coaching didefinisikan sebagai bermitra dengan klien melalui pemikiran stimulatif dan proses kreatif yang menginspirasi guna memaksimalkan potensi pribadi dan profesional. Coach adalah kata subject yang berkaitan dengan keahlian dalam coaching, kebanyakannya yang bersangkutan tidak ahli dalam topik yang dibawanya.

Konseling adalah mendiagnosa dan membantu klien dalam hal masalah emosional, masa lalu atau disfungsi, sedangkan coaching tidak. Domain coaching adalah berorientasi pada masa kedepan, apa yang diinginkan klien? dan sekedar membantu mengarahkannya ke tujuan tersebut.

Mentoring, seorang mentor adalah seorang yang bijak, pembimbing dan penasihat yang dapat dipercaya. Mentor itu adalah guru yang berjasa membagikan pengalaman dan pengetahuannya. Sedangkan coach umumnya bukan seorang yang begitu ahli dalam membantu mengembangkan kliennya.

Konsultasi, seorang konsultan adalah seorang ahli yang dipanggil guna tujuan dimintai opini dan nasihat secara profesional ataupun teknis. Seorang konsultan harus mampu memahami permasalahan dan menyodorkan solusi jitu. Konsultasi berbeda dengan coaching, coaching secara murni menghadirkan jawaban yang datangnya langsung dari klien sendiri.



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar