Kemampuan Kerja - Kiat Sehat Bekerja

Share :
Kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan berbeda dengan seseorang yang lain, meskipun pendidikan dan pengalamannya sama, serta bekerja pada suatu pekerjaan atau tugas yang sama. Kapasitas adalah batas kemampuan yang dibawa oleh seseorang dari lahir. Artinya kemampuan tersebut dapat berkembang karena pendidikan atau pengalaman tetapi sampai pada batas tertentu saja.


Kapasitas dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain: gizi dan kesehatan ibu, genetik, dan lingkungan. Selanjutnya kapasitas ini mempengaruhi atau menentukan kemampuan seseorang. Kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan di samping kapasitas juga dipengaruhi oleh pendidikan, pengalaman, kesehatan, kebugaran, gizi, jenis kelamin, dan ukuran-ukuran tubuh. Kemampuan tenaga kerja pada umumnya diukur dari  keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan. Semakin tinggi keterampilan yang dimiliki, semakin efisien badan (anggota badan), tenaga dan pemikiran (mentalnya) dalam melaksanakan pekerjaan. Penggunaan tenaga dan mental atau jiwa yang efisien, berarti beban kerjanya relatif rendah.

Pekerja tinggi keterampilan angka absentisme karena sakit lebih rendah daripada mereka yang keterampilannya rendah. Pekerja rendah keterampilan akan menambah beban kerja mereka, yang akhirnya berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Oleh karena kebugaran, pendidikan dan pengalaman mempengaruhi tingkat keterampilan pekerja, maka keterampilan atau kemampuan pekerja senantiasa harus ditingkatkan, melalui program-program pelatihan, kebugaran, dan promosi kesehatan.

Peningkatan kemampuan tenaga kerja ini bermanfaat terhadap peningkatan produktivitas kerja. Program perbaikan gizi melalui pemberian makanan tambahan bagi tenaga kerja, terutama bagi pekerja kasar misalnya menjadi faktor yang sangat penting untukmeningkatkan produktivitas kerja. 


Kiat Sehat dalam Bekerja

Bekerja memakan cukup banyak waktu, memerlukan pikiran dan perasaan, adanya ancaman penyakit akibat lingkungan kerja yang buruk dan juga mengandung bahaya kecelakaan dan keracunan kimiawi, terlebih-lebih yang bergerak pada sektor industri. Memelihara kesehatan pada saat bekerja itu penting, supaya tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut adalah kiat agar tetap sehat dan bugar saat bekerja:

1. Jangan lupa sarapan sebelum bekerja ; makanan kecil atau buah diantara waktu beristirahat. Jangan terlambat makan siang atau makan malam. Makanlah makanan yang bergizi tinggi dan seimbang karena gizi yang cukup merupakan sumber tenaga.
2. Sikap dan posisi tubuh dalam bekerja sangatlah mempengaruhi kemampuan kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jangan duduk, berdiri, membungkuk, jongkok terus menerus. Saat duduk usahakan agar tulang punggung tidak melengkung, sehingga dada tidak berlipat. Gunakan kursi yang paling tepat tinnginya dengan meja kerja. Bila bekerja lama, pergunakan kursi dengan sandaran punggung dan lengan. Usahakan berdiri dengan santai jangan kaku, sekali-kali gerakkkan kaki, jalan-jalan sebentar. Juga saat membungkuk , jangan terlalu jauh dengan barang yang dikerjakan. Bagi wanita yang melakukan pekerjaan di rumah, perlu diperhatikan penyerasian alat, cara dan kemampuannya bekerja. Untuk itu dapat diterapkan teknologi tepat guna atau cangggih yang dapat menghemat waktu dan tenaga serta meningkatkan efisiensi kerja dan dapat menimbulkan kenyamanan dalam bekerja. Jika mengangkat barang jangan melebihi kemampuan, seimbangkan antara tangan kanan dan kiri untuk membawanya.
3. Jagalah kebersihan pribadi dan lingkungan kerja anda serta usahakan pula untuk tidak menyebarkan penyakit.
4. Pakailah alat pelindung seperti masker, sarung tangan, tutup kepala apabila anda bekerja pada sektor industri, untuk mencegah kecelakaan dan keracunan kimiawi.
5. Segera ke klinik atau dokter terdekat apabila sakit agar penyakit tidak tambah parah. Bekerja terus menerus tanpa istirahat selain melelahkan juga menimbulkan ganggguan stres. Untuk itu upayakan istirahat sejenak saat bekerja. Lakukan relaksasi, mengobrol santai, jalan-jalan keluar menghirup udara segar, menikmati musik, nonton TV dan sebagainya.
6. Ciptakan suasana damai dan tentram di tempat kerja, agar bisa berkonsentrasi dan tenang dalam bekerja.
7. Hindarkan hal-hal yang memancing tidak kekerasan terhadap perempuan misalnya pelecehan seksual, perkosaan dan sebagainya.
8. Lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap bugar.
9. Gunakan hak cuti sakit, cuti haid ,cuti hamil, hak menyusui dan hak-hak lain bagi pekerja wanita, misalnya tidak boleh bekerja malam hari atau bekerja pada tempat berbahaya dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar