Mengenal Profesi Manajer

Share :


Manajer adalah seorang yang mengatur atau bertanggung jawab atas sesuatu. Manajer mengatur departemen dalam perusahaan atau membimbing orang yang bekerja untuknya. Manajer harus membuat keputusan tentang sesuatu.



Menurut Henri Fayol, dalam bukunya tentang Administrasi Industri (1966), manajer harus mampu untuk merencanakan, mengatur, memimpin, mengkoordinasi dan mengontrol.

Seorang manajer harus mampu memahami informasi, informasi kemampuan bekerja, hubungan internal, hubungan eksternal serta penilaian obyektif hasil kerja.

Kemampuan memahami informasi artinya pengetahuan tugas majerial, penghimpunan-pendistribusian informasi bisnis, proses preventif dan kepemimpinan internal. Kemampuan bekerja secara logis, pengambilan keputusan, pendelegasian, perencanaan, penjadwalan, mengatur kebersihan, keamanan, keselamatan dan kepuasan kerja, penyusunan laporan kerja. Kemampuan hubungan eksternal yakni mempromosikan dan menjual produk atau jasa, negosiasi dan pemecahan masalah, pencarian bahan baku. Pengukuran obyektif hasil kerja, baik secara tim maupun inisiatif dan kreatifitas sendiri. Kemampuan hubungan internal adalah tugas kepemimpinan, pengaruh dalam eksekusi pekerjaan, loyalitas, disiplin dan kemandirian.

Diperlukan metode yang relevan dan obyektif sebelum dilakukan pembahasan metode dalam melakukan analisa pekerjaan atau jabatan penting semacam manajerial, staf, pekerja inti, produk dan pelayanan.



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar