Tips Mempercepat Kinerja Komputer

Share :
Ada kalanya, sebuah PC mendadak menjadi lambat. Anda merasakan performa PC tidak sekencang awal membeli dulu. Dan  tidak tahu apa penyebab hal tersebut. Anda tidak bisa secara langsung menentukan apa sekiranya yang memperlambat PC. Tapi coba simak beberapa tips berikut.

1. Pastikan Tidak Ada Sarang Virus
Tengoklah program antivirus yang ada. Apa pun program antivirus yang dipakai, pastikan bukan bajakan dan database virusnya dalam kondisi ter-update kemudian scan komputer. Program antivirus bajakan sangat beresiko memperlambat kinerja komputer dan biasanya sudah ditambahkan malware, adware, spyware dan sejenisnya.

2. Selidiki Procces yang Berjalan
Yang dimaksud procces adalah program yang sedang berjalan. Ataupun service dari program induk. Sebuah procces yang memakan resource memory besar akan ikut andil dalam memperlambat PC Anda. Lihatlah procces yang sedang berjalan, matikan yang sekiranya tidak terlalu penting.

3. Selidiki Start Up
Sebagian besar PC yang telah lama digunakan dan dipasang banyak program biasanya menjalankan bertumpuk-tumpuk program yang akan di load secara otomatis pada saat start up. Hal ini tentu juga turut memperlambat kinerja PC. Lihatlah program apa saja yang di-load saat start up. Lalu hapuslah yang sekiranya tidak diperlukan.

4. Sediakan Catatan Manual
Tips di atas belum juga mengatasi masalah? Pastikan catatan kecil selalu berada di samping Anda. Bila menjadi lambat, catat program apa yang sedang dijalankan. Catat juga apa yang Anda lakukan saat masalah tersebut muncul. Dengan begitu Anda dapat menentukan program ataupun proses mana yang seharusnya dihentikan.

5. Ubah Kebiasaan Kerja
PC Anda mungkin tidaklah cukup kuat untuk menjalankan program secara bersama-sama dalam satu waktu (multitasking). Untuk menjaga kestabilan performa PC, hindarilah multitasking. Bila memungkinkan, tutuplah suatu program yang memakan memori secara rakus sebelum menjalankan program lain di saat yang bersamaan.
Gantilah jenis program yang memperlambat sistem dengan jenis program sama, yang memakan lebih sedikit memori. Terakhir, bila Anda ingin update software versi terbaru, pastikan spesifikasi PC memenuhi minimum requirement system yang dibutuhkan software tersebut.

6. Upgrade Hardware PC
Bila merasa PC Anda terlalu lambat untuk membantu pekerjaan yang ada, atau Anda ingin merasakan pengalaman berkomputer dengan performa lebih cepat. Anda bisa upgrade hardware PC.


[pcworld]



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar