Juni 09, 2024

Peran Pemasaran

Share :
Pemasaran (marketing) bukan hanya tentang periklanan dan penjualan barang atau jasa, seperti yang dapat dilihat dari berbagai aktivitas pemasaran yang terdapat di departemen pemasaran.







Peran utama pemasaran antara lain :

1. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan mencari tahu jenis produk atau jasa yang diinginkan pelanggan, harga yang bersedia mereka bayar, dimana dan bagaimana mereka ingin membeli barang atau jasa tersebut, dan layanan purnajual apa yang mungkin mereka inginkan.

2. Memuaskan kebutuhan pelanggan untuk mencapai penjualan barang atau jasa mereka. Pelanggan menginginkan produk yang tepat, di tempat yang tepat, dan dengan harga yang tepat. Kegagalan dalam melakukan ini, atau melakukannya dengan kurang baik daripada pesaing, akan menyebabkan kegagalan bisnis.

3. Mempertahankan loyalitas pelanggan dengan membangun hubungan dengan pelanggan. Menjaga hubungan dekat dengan pelanggan dan mencari tahu apakah produk atau jasa terus memenuhi kebutuhan mereka akan membantu memastikan keberhasilan bisnis. Jika pelanggan mengubah ekspektasi mereka terhadap apa yang mereka inginkan dari barang atau jasa, maka bisnis harus merespons untuk memenuhi kebutuhan baru ini. Ini akan diidentifikasi dengan cara menjaga hubungan dekat dengan pelanggan. Sangat penting untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada (loyalitas pelanggan) dan tidak hanya berkonsentrasi untuk menarik pelanggan baru. Jauh lebih murah untuk mencoba mempertahankan pelanggan yang sudah ada (misalnya, dengan kartu loyalitas) daripada mencoba mendapatkan pelanggan baru.

4. Memperoleh informasi tentang pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang berubah dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Ini adalah salah satu peran terpenting departemen pemasaran saat ini. Membangun hubungan dengan pelanggan berarti bahwa informasi riset pasar dapat digunakan untuk memahami mengapa pelanggan membeli produk dan bagaimana mereka menggunakannya. Ini menghasilkan pemasaran yang lebih baik dan karenanya lebih efektif.

5. Mengantisipasi perubahan kebutuhan pelanggan dengan mengidentifikasi tren baru dalam permintaan pelanggan atau kesenjangan di pasar sehingga bisnis dapat menghasilkan barang atau jasa yang saat ini tidak tersedia.




Jika departemen pemasaran berhasil mengidentifikasi persyaratan pelanggan dan memprediksi kebutuhan pelanggan di masa mendatang, hal itu akan memungkinkan bisnis untuk memenuhi satu atau beberapa tujuan berikut:
- Meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap suatu produk atau layanan bisnis.
- Meningkatkan pendapatan penjualan dan profitabilitas.
- Meningkatkan atau mempertahankan pangsa pasar (market share). Pangsa pasar adalah persentase total penjualan pasar yang dimiliki oleh satu merek atau bisnis.
- Mempertahankan atau meningkatkan citra produk atau bisnis.
- Menargetkan pasar atau segmen pasar baru.
- Memasuki pasar baru di dalam negeri atau luar negeri
- Mengembangkan produk baru atau meningkatkan produk yang sudah ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar