Tips Supaya Baterai Laptop Awet

Share :
Laptop akan membantu Anda dalam menyelesaikan segala tugas dengan fleksibel. Terlebih bila Anda adalah orang yang memiliki mobilitas tinggi. Bila battery laptop mendadak rusak akibat perawatan yang kurang tepat, maka tugas yang seharusnya telah terselesaikan akan menjadi tertunda. Berikut tips singkat supaya baterai laptop awet.





1. Aktifkan Opsi Power Saver.
Dengan opsi Power Saver secara otomatis layar Anda akan mati ketika laptop tidak ada aktifitas dalam jangka waktu yang telah ditetapkan dalam pengaturan, dimana kemudian akan membawa laptop dalam kondisi sleep mode.

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar.
Hal ini sangat penting terutama untuk laptop yang belum menggunakan teknologi LED. Anda tidak perlu mengoperasikan laptop dengan brightness maksimum, meskipun Anda berada di dalam ruangan. Anda tidak perlu kawatir, karena mungkin setelah itu layar akan terlihat terlalu gelap, akan tetapi mata Anda secara perlahan akan menyesuaikan perubahan tersebut.

3. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi Apabila Tidak Digunakan.
Seperti yang Anda ketahui, Bluetooth dan Wi-Fi memakan resource battery yang cukup besar. Apabila Anda menggunakan laptop di tempat yang sekiranya tidak membutuhkan dua konektivitas tersebut, matikanlah dengan menekan shortcut di keypad atau dengan menekan tombol power yang telah dibuat khusus pada laptop.

4. Hindarilah Eksekusi Proses yang Berlebihan.
Bermain game, mengunduh konten dari internet, menonton film dari DVD adalah aktivitas yang menguras kinerja prosessor, hal ini juga akan menghabiskan sumber daya dari battery lebih cepat dibandingkan kondisi normal. Anda dapat mengetahui proses yang sedang dijalankan oleh komputer melalui Task Manager atau software dari pihak ketiga. Apabila grafik penggunaan CPU terlalu tinggi, Anda dapat menghentikan proses yang sekiranya tidak diperlukan.

5. Kurangi Kecepatan CPU.
Beberapa laptop ada yang sudah dilengkapi software untuk setting kecepatan CPU, yang mengijinkan pengguna untuk mengurangi kecepatan CPU. Mengurangi kecepatan processor membantu memperpanjang umur battery laptop Anda, di sisi lain hal ini akan membatasi performa laptop. Namun sangat bermanfaat untuk Anda yang hanya memakai laptop untuk aktivitas ringan seperti browsing atau mengetik.

6. Upgrade SSD
Upgrade ke SSD bisa meningkatkan performa sistem dan aplikasi serta menghemat penggunaan baterai dibandingkan harddisk konvensional.



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar