Tips Aman dari Pembobolan Akun

Share :
Kebanyakan pengguna internet memiliki email untuk komunikasi atau sekedar nge-grup, milis. Biasanya pengguna internet ketika mendaftar sosial media memakai username dan password yang sama dengan emailnya, dimana hal ini bisa membuka celah pembobolan akun.

Tips aman dari pembobolan akun:
- gunakan username dan password yang berbeda dari akun email anda, karena username dan password anda di sebuah situs akan tersimpan secara plaintext di server.
- ketika login di komputer umum, hilangan centang "remember me" dan klik "never remember password"
- pastikan anda logout setelah menggunakan akun sosmed atau email


Tips Membuat Password

Buatlah password yang mudah diingat dan sulit ditebak dari informasi pribadi (tanggal lahir, nama anak, dsb), anda juga bisa mengkombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol atau menyisipkan kata acak diantaranya. Hindari kata sandi sederhana (seperti : "rahasia" atau sejenisnya), dan huruf keyboard yang berurutan (seperti : "qwerty", "qaswsx", "abcd1234").

Selalu gunakan unique password untuk akun Anda, khususnya untuk akun-akun penting seperti email dan online banking. Menggunakan password yang sama untuk beberapa akun sekaligus memiliki resiko tinggi, yakni apabila seseorang berhasil membobol password untuk satu akun Anda, maka kemungkinan besar orang tersebut akan mengakses email pribadi, alamat, atau mungkin juga saldo di akun lain.

Gunakan software semacam KeePass atau sinkronisasi pengingat password bawaan peramban untuk penyimpanan kata sandi Anda.

Masukkan email recovery password atau nomor ponsel untuk mereset password ketika lupa. Apabila anda mengaktifkan fitur pertanyaan pengingat password, pilihlah pertanyaan dengan jawaban yang hanya dimengerti oleh Anda atau mudah ditemukan dengan memindai informasi pribadi yang terpasang di profil online. Dengan demikian apabila seseorang mencoba menebak jawaban dari pertanyaan tersebut, mereka tidak mengetahui cara mengetikkannya secara tepat.



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar