Tips Merancang Desain dan Layout Blog

Share :
Desain dan layout sebuah blog adalah hal penting yang harus direncanakan setelah menentukan tema tulisan sebuah blog. Apa saja hal yang harus diperhatikan?


1. Tipe dan Ukuran Font.
Anda bisa menggunakan jenis dan ukuran font yang web-friendly. Jenis font ini akan membuat blog menjadi mudah dibaca di hampir semua resolusi monitor. Contoh keluarga font Sans Serif (Arial, Verdana, Tahoma) adalah font yang sangat mudah bersahabat dengan mata pembaca sehingga
tidak membuat mata cepat lelah dan bosan membaca, berbeda dengan keluarga font Serif (Times New Roman, Georgia) yang lebih mudah dibaca pada printing material. Font dengan ukuran ≥ 12 pp akan memberikan kenyamanan tersendiri pada mata pembaca.

2. Fleksibilitas dan Resolusi Layout.
Adakalanya, beberapa pembaca lebih menyukai layout web yang fleksibel (menyesuaikan segala jenis layar monitor yang dipergunakan), hal ini tentu akan memunculkan sebuah permasalahan baru yakni barisan teks dari konten blog yang terlalu panjang untuk dibaca. Resolusi antara 900 px sampai dengan 950 px sudah bagus untuk Anda terapkan dalam sebuah blog.

3. Proporsionalitas Layout.
Pembaca yang menggunakan layar monitor dengan resolusi lebih besar biasanya akan melihat banyak ruang kosong di sekeliling blog atau bahkan di bagian kanan. Hal ini dapat Anda atasi dengan memecah ruang kosong menjadi dua bagian yang sama besar ke bagian kanan dan kiri. Dengan begitu kesan terlalu banyak ruang kosong akan berkurang.

4. Font dan Background.
Anda dapat menggunakan font gelap dengan warna background cerah pada blog. Survey menunjukkan jika perpaduan font hitam dengan background putih akan jauh lebih mudah untuk dibaca dibandingkan dengan font putih di atas background hitam. Selain akan membuat pembaca merasa nyaman, hal ini juga akan mengurangi rasa jenuh pembaca untuk menikmati konten-konten yang ada dalam blog.

5. Posisi Sidebar
Memasang sidebar pada bagian kanan memiliki keunggulan tersendiri. Selain lebih user-friendly, fakta menunjukkan sebagian besar browser mempunyai scroll bar pada bagian kanan dan pengguna Internet telah terbiasa menggunakannya. Hal ini tentu akan membantu memudahkan pengunjung dengan memasang sidebar di bagian kanan layout. Lebih jauh lagi, sidebar yang dipasang di sebelah kanan, akan menghasilkan kode setelah kode dari konten blog, ini adalah hal positif apabila Anda mengunggulkan SEO dalam blog.

6. Navigasi dan Pencarian
Anda akan memberikan memudahkan pengunjung dalam menjelajahi berbagai sudut yang ada dalam blog, dengan memasang berbagai navigasi dan opsi pencarian yang cukup secara tidak berlebihan. Navigasi dan form pencarian biasanya sudah terpasang secara bawaan pada hampir setiap tempale blog.


(blogsesive)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar