Pengantar Wirausaha

Share :
Dengan jumlah populasi yang terus bertambah dan pengangguran yang meningkat, berwirausaha menjadi pilihan utama bagi para berdikari untuk hidup lebih sejahtera, mandiri hingga membuka lapangan kerja.

Kelebihan wirausaha kecil menegah antara lain anda harus bisa ulet-tahan-banting, menjadi generalis-multitasking, mandiri, kerjasama secara efisien, self-financing ataupun p2p-financing. Kekurangannya biasanya suasana informal, skala ekonomi mikro, tanpa standar kerja dan manajemen yang baik, keterbatasan atau kurang siap untuk mengembangkan usaha.

Modal utama wirausaha bukanlah materi, melainkan keyakinan, keberanian dan kegigihan untuk tumbuh. Ketidakpastian akan mengajarkan anda cara mengatur, belajar, berhemat dan mengambil resiko, tetaplah riil-konservatif dan hindari spekulatif-praktis.

Usaha Riil-Konservatif didasarkan motif saling-melayani-satu-sama-lain dan memperoleh kemandirian dengan ketulusan, kerja keras dan inovasi. Usaha Spekulatif-Praktis didasarkan motif ingin cepat kaya dengan cara instan. Mengutamakan keuntungan pribadi dan mengesampingkan kerugian orang lain.

Seorang wirausaha biasanya berpikir sederhana, mencoba-dulu, disiplin, melihat peluang terbaik, namun juga mudah jenuh dengan kemampuan yang dimilikinya. Maka percaya dan semangatlah untuk tumbuh. Kekayaan bukanlah tujuan utama, nikmatilah kemandirian anda untuk kaya secara bermartabat.

Beberapa skill wirausaha adalah Conceptual Skill, Technical Skill dan Human Skill.

Ragam pilihan wirausaha antara lain:
- Eksekutif-Profesional yang bekerja untuk klien atau korporasi sebagai pengambil keputusan.
- Intrapreneur, yakni karyawan berjiwa kewirausahaan, mencari kebebasan dalam mengakses sumberdaya, mengambil resiko, membuat inovasi dalam korporasi.
- Entrepreneur, yakni pengusaha yang mengambil resiko, keputusan dan mengembangkan usahanya sendiri.
- Eco-Preneur, yakni pelaku usaha yang berorientasi pada lingkungan.
- Techno-Entrepreneur, yakni pelaku usaha yang berorientasi pada teknologi.



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar