Tips Menulis Artikel

Share :
Dengan berlama-lama menyelesaikan satu artikel blog, jatah waktu pekerjaan lain akan ikut terkena imbas. Terlebih untuk Anda yang memiliki bisnis utama bukan dari blog. Tentu hal tersebut akan memberi kerugian tersendiri.

Dikutip dari copyblogger, berikut tips Jim Estill, CEO perusahaan komputer Kanada untuk menulis artikel dengan efisiensi waktu.

1. Mencatat Ide yang Muncul
Bagi kebanyakan blogger, mencari topik adalah tahap yang memakan banyak waktu. Solusinya ketika ide muncul, Anda bisa langsung mencatatnya dalam bentuk notes manual atau digital. Dengan mencatat ide topik, Anda dapat langsung menulis artikel dengan cepat dengan mengembangkan topik-topik tersebut.

2. Inkubasi Ide
Pastikan semua daftar topik yang telah dicatat tersusun dengan rapi dan tersimpan dengan aman. Anda bisa menambahkan informasi kecil dari setiap topik yang telah dibuat untuk mempermudah pengembangan paragrafnya di masa mendatang.

3. Memilah Informasi Sebelum Posting
Sebelum posting artikel baru, Anda bisa memilah informasi kecil mana yang tidak sesuai dengan topik utama. Jangan terburu untuk menghapusnya karena Anda dapat menggunakannya di lain waktu.

4. Gunakan Bullet Point/ Numbering
Kebanyakan pembaca menyukai artikel dengan bullet point. Selain karena informasi utama tersusun dengan cepat dan rapi, artikel akan lebih mudah dibaca dibandingkan artikel yang hanya berisi paragraf-paragraf panjang.

5. Jangan Terlalu Panjang
Pastikan artikel yang Anda susun tidak melebihi 500 kata agar dapat cepat terselesaikan. Periksa kembali apakah setiap kata dalam artikel mampu mengirimkan informasi sesuai harapan. Selain menghemat waktu, kualitas artikel akan tetap terjaga.

6. Jangan Memaksakan Diri
Anda tidak harus memaksakan diri untuk menulis jika rasa penat datang. Anda dapat menyimpan artikel sebagai draft untuk dilanjutkan dilain waktu.

7. Jangan Menyimpan Ide-Ide Segar
Setelah menulis banyak daftar topik, Anda tentu dapat mengerti topik mana yang lebih segar untuk dibahas. Jangan pernah menyimpannya untuk lain waktu. Karena topik tersebut akan lebih cepat dan mudah dikembangkan menjadi sebuah artikel disaat itu juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar