Mengenal Pribadi Ekstrovert

Share :
Ekstrovert adalah tipe pribadi yang lebih fokus pada dunia diluar alam pikirannya dan lebih enerjik jika berada di sekeliling orang. Pribadi ekstrovert adalah kebalikan dari pribadi introvert (yang lebih menyukai kesunyian).



Seorang ektrovert selalu terlihat enerjik dengan lingkar pertemanan yang luas. Seorang ektrovert menyukai berkumpul ramai-ramai dengan teman-temannya. Berbeda dengan introvert, bagi seorang ekstrovert, suasana sunyi tanpa teman adalah sesuatu yang menjenuhkan.

Seorang ekstrovert menikmati keramaian dalam kebersamaan. Seorang ektrovert pandai memulai percakapan-percakapan ringan, hal ini membuatnya terlihat lebih mudah bersosialisasi dibandingkan introvert. Dalam undangan acara pernikahan, seorang ekstrovert selalu bergabung dalam group banyak orang.

Seorang ekstrovert menikmati aktifitas bersama banyak teman. Seorang yang ekstrovert menyukai kegiatan/aktifitas yang dilakukan beramai-ramai. Dalam dunia kerja ekstrovert mampu bekerja lebih baik dalam sebuah tim.

Seorang ekstrovert suka menjadi pusat perhatian. Karakter lain yang sering dikatikan dengan seorang ekstrovert di antaranya adalah pribadi yang penuh kehangatan, selalu dinamis dan penuh kegembiraan, suka berkelompok, asertif, ceria, banyak bicara, berorientasi pada tindakan. Namun ekstrovert mudah bosan dalam aktifitas individu. Seorang yang ekstrovert berbicara atau bertindak lalu berpikir, berbeda dengan introvert yang lebih suka berpikir dahulu sebelum berbicara atau bertindak.

Seorang ekstrovert sedikit lebih cepat lelah dan jenuh jika harus melakukan pekerjaan secara individu. Mereka tidak menyukai tempat yang sepi tanpa teman. Seorang ekstrovert suka berbagi tempatnya dengan orang lain dan suka mencurahkan apa yang ada dalam perasaannya.

Apa positifnya menjadi seorang ekstrovert? Ekstrovert memberi warna keceriaan dengan lingkar pertemanan yang luas. Karir yang tepat untuk tipe pribadi ekstrovert adalah karir yang mengharuskannya berinteraksi dengan orang banyak seperti guru, sales, marketing, public relation, politikus, dll.



Referensi :
What is Extraversion, Kendra Cherry
Extrovert, Carol Brainbridge



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar